Sabtu, 15 Juli 2023

Tempat Sembunyi Zaman Penjajahan di Goa Rong View, Tanpa Batas, Tembus Segala Arah

Tempat Sembunyi Zaman Penjajahan di Goa Rong View, Tanpa Batas, Tembus Segala Arah

 

Setiap sejarah sejatinya memiliki ‘kecerdasan’ tersendiri sebagai bukti orang zaman dulupun sudah ‘keren dan canggih’ pada masanya.

 

Ada momen tak terlupakan yang selalu muncul jika tersebut kata Goa Rong View. Apa itu? Zaman negara api menyerang, aku pernah sepersekian detik blank di tempat  itu. Bukan karena hal mistis loh, tapi…

Goa Rong View (Foto dok. pribadi)


Aha, ada yang penasaran rupanya. Ntar, ntar dulu, sabar… dalam tulisanku ini kamu bakal ngerti jawabannya.

Btw, sebelum mengulik Goa Rong View yang kece ini, kukasih tahu ya jika pesona wisata di Kabupaten Semarang jumlahnya buanyakkk pol. Pada tahun 2022, terdapat 50  destinasi dan 74 desa wisata dengan berbagai keunikannya.

Nah, salah satu wisata alam yang out of the box adalah Goa Rong View. Weslah ya, langsung aja kita kupas tuntas setajam piso dapur wisata dengan sejarah yang nggak bakal kamu temui di tempat lain. Cekidot!

 

Dimana Goa Rong View?

Wisata Goa Rong View terletak di Jalan Lerak Lopait, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773.

Kamu yang datang dari Semarang butuh waktu 1,5 jam untuk sampai lokasi bahkan lebih. Jika dari Bawen dan Ambarawa, sekitar 45 menit saja, dekat, kan?

 

Sejarah Goa Rong View, Tempat Sembunyi yang ‘Primpen’ Tanpa Batas dan Tembus Segala Arah!

Jadi gini, jangan dibayangkan ke Goa Rong itu bagaikan kita lagi caving atau telusur menjelajah goa. Dengan area yang lembab, gelap, penuh rembesan dan tetesan air dari stalagtit stalagmit. Bahkan, kalau nggak biasa terasa sesak nafas.

Goa Rong di Tuntang (Foto dok. pribadi)


Lalu, goa-nya kayak apa? Berikut terkait Goa Rong dengan sejarah panjangnya.

1. Goa Buatan

Banyak yang mengira Goa Rong adalah goa alami padahal sebetulnya goa buatan sebagai tempat persembunyian. Sekitar gua masih cukup rimbun dengan berbagai tanaman merambat dan hewan khas perkebunan, jenggeret.

Suara jenggeret tak ada putusnya saat menuju dan sampai ke goa. Kicau burung juga bakal bikin kamu merasa syahdiyuuu banget.

2. Terbelit Pohon dan Tertutup Batu Besar

Goa terbelit pohon nan besar sehingga agak susah untuk memasukinya. Akar-akar tuanya menjuntai ke segala arah. Saat ke goa, aku hanya melihatnya dari luar.

Bagian luar Goa Rong View (Foto dok. pribadi)


Pada bagian pintu gua, terdapat bongkahan batu cukup besar yang menutup akses masuk. Pintu goa menjadi sempit dan harus merunduk jika ingin memasukinya.

Mungkin, tinggi pintu goa tak lebih dari 50 cm, sedangkan lebarnya kurang lebih 1 meter.

3. Tempat Persembunyian Pejuang Indonesia

Menurut sejarah, Goa Rong adalah salah satu tempat persembunyian pejuang Indonesia melawan penjajah Belanda. Saat tentara luar itu mengejar, goa menjadi persembunyian yang cukup ‘primpen’ dan terkucilkan.

Pintu masuk gua sempit (Foto dok. pribadi)


Primpen adalah bahasa Jawa yang artinya tersembunyi dan susah ditemukan. Jika sekilas melihat luarnya, tidak tampak kalau ada keberadaan goa.

Bisa dibayangkan jika zaman dulu benar-benar menjadi tempat sembunyi paling primpen dan dijamin tidak ketahuan musuh.

4. Bukti Kecerdasan Orang Zaman Dulu

Lokasi goa letaknya di atas bukit dengan ketinggian 703 mdpl. Swear, sungguh menakjubkan dengan ‘menggali’ dan memahat bukit menjadi sebuah goa yang bisa didiami dan tak terlihat.

Tak mudah loh menggali bukit di area lumayan sulit. Inilah bukti kecerdasan orang zaman dulu yang memang luar biasa. Meskipun dengan alat seadanya tapi kualitas dan hasil mumpuni tiada tanding.

5. Arti Goa Rong = Menggali

Kata ‘rong’ atau ‘ngerong’ adalah bahasa Jawa yang artinya menggali. Bayangkan sodara-sodara, menggali di tempat yang tidak mudah, benar-benar deh pejuang kita zaman dulu, ya. Salut untuk semangat pantang menyerah yang tak terbantahkan.

6. Tanpa Batas, Tembus ke Segala Arah

Ada kisah yang konon, katanya goa tembus ke segala arah. Konon katanya lagi, dapat tembus hingga Rawa Pening. Entahlah mengapa ada yang menyebutnya seperti itu. Boleh percaya atau tidak, tergantung masing-masing pribadi.

Mungkin dapat pula mengisahkan perjuangan tanpa batas para pejuang dan tembus banyak arah karena goa berada di sebuah bukit.

Pada bagian atas bukit, terlihat gugusan gunung, pegunungan dan Rawa Pening dengan legenda Baruklinting yang terkenal sejagad ke-pariwisata-an Indonesia.

7. Berawal dari Wangsit

Goa cukup tersembunyi ini berhasil ditemukan dari seorang warga. Konon, warga yang sedang bertapa tersebut mendapat wangsit dari mimpi untuk datang ke lokasi tempat goa berada. Maka ada yang kemudian menyebut sebagai goa pertapaan.

Sejarah dan kisah yang menarik keberadaan Goa Rong memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Aku saja, sampai penasaran sekali loh makanya sampai ke goa yang ternyata menyimpan banyak sejarah menakjubkan ini.

 

Gaspol ke Goa Rong View, Yuk Cek Rute Perjalanan

Mumpung ada waktu, aku gaspol ke sana dengan ber-matic ria. Karena rumahku Sumowono, aku lewat Ambarawa dan perjalanan dilanjutkan ke arah Tuntang. Sampai pertigaan arah Bancak, Tuntang, ada baliho besar sekali bertuliskan Goa Rong View.

Selanjutnya bisa terus ikuti jalan sesuai petunjuk arah yang ada hingga Tlogo Resort atau Lapangan Delik. Dari sini jalanan mulai menanjak, jadi cek rem motor atau mobil yang digunakan. Pastikan aman terkendali, apalagi yang menggunakan motor matic.

Di tengah itu tempat beli tiket masuk (Foto dok. pribadi)


Sepanjang jalan kamu akan disuguhi alam desa dan pemukiman yang indah. Kemudian berganti dengan pepohonan karet menjulang yang indah khas perkebunan hingga sampai ke pintu masuk bertuliskan ‘New Goa Rong’.

Lalu, stop, beli tiket dulu, ya.

 

HTM dan Tarif Parkir Goa Rong View, Dulu VS Sekarang

Penjaga tiket mbak-mbak cantik yang ramah sekali. Untuk harga tiket masuk (HTM) per orang 20 ribu. Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Nah, ini berbeda dengan dulu, zaman negara api menyerang tapi udah mulai kendor gitu harga tiket masuk 7.500 rupiah saja. Dan biaya parkir Rp3000.

Tiket dulu dan sekarang (Foto dok. pribadi)


Auooo… aku menemukan tiket dulu dan sekarang yang masih kusimpan rapi sebagai kenangan ke goa kece ini. Tarifnya berubah banget, tentu ada wahana baru dong!

 

Jam Buka Tutup Goa Rong Vew, Dulu VS Sekarang

Jam operasional wisata juga berubah seperti halnya tiket. Saat pandemi Goa Rong buka pukul 09.00-16.00 WIB. Nah setelah normal seperti sekarang, wisata dibuka mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Saat beli tiket aku minta selebarannya dan lengkap infonya (Foto dok. pribadi)


Durasi jam buka dan tutup cukup panjang agar pengunjung puas melihat, memandang, foto-foto bahkan menginap di Goa Rong View nan epik ini.

 

Daya Tarik Goa Rong View, dari Jembatan Kaca Hingga 5 Gunung yang Menghipnotis

Jika sudah sampai ke titik pusat lokasi wisata, bakal disambut area parkir nan luas membentang. Kamu bisa parkir mobil atau motor dengan leluasa.

Ah ya, pintu masuk ke tempat parkir ada tulisan ’New Goa Rong’ yang yang ditempel pada bambu-bambu dan gapura bentuk gunungan, njawani banget.

Menuju pintu area parkir, ada gunungannya (Foto dok. pribadi)


Udara sejuk menampar wajah dengan desau angin menggoda untuk leyeh-leyeh. Sumpah, kesejukan alami terasa sekali dengan tanaman hijau sekeliling area.

Selain goa dengan sejarah dan daya pikat magis yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat daya tarik lain yang mampu menghipnotis banyak orang.

Sebagai wisata unggulan Kabupaten Semarang, pihak pengelola benar-benar memberi yang terbaik dan memanjakan pengunjung. Banyak perkembangan wahana baru dan pastinya menuju ke arah lebih baik dari sebelumnya.

Beda banget dulu dengan sekarang, seperti berikut ini.

1. Akses Pintu Gapura Masuk untuk Eksis

Iyes, akses pintu masuk berupa prolog cukup bagus buat ngeksis. 

Mau masuk, bisa ngeksis di sini dulu (Foto dok. pribadi)


Gapura berupa belitan banyak batang dan akar pohon dengan bagian tengah bunga mawar nan besar. Silakan foto…

2. Wahana Permainan Lengkap

Selanjutnya, maju lagi 10 meter adalah wahana permainan anak-anak. Ada macam-macam pilihan, seperti patung heroik dan mainan kereta api yang buka pada saat liburan.

3. Arena Bermain

Goa Rong ini wisata keluarga yang recommended soalnya dilengkapi arena bermain anak-anak seperti jungkat jungkit, ayunan dan lain sebagainya.

Arena bermain anak (Foto dok. pribadi)


Dijamin, anak-anak nggak bakalan rewel merengek minta pulang hehehe.

4. View 5 Gunung dan Rawa Pening nan Eksotis

Alam nan sejuk dan berada di atas 690 mdpl menciptakan sensasi wow! Sejuknya nggak ketulungan. Wisata ini menampilkan view menakjubkan yang nggak bakal ditemui di tempat lain.

Bisa lihat 5 gunung dan rawa sepuasnya (Foto dok. pribadi)


Dari sky deck view dan area lantai kaca sejauh mata memandang yang terlihat gugusan gunung dan pegunungan nan megah. 5 gunung plus rawa sekaligus yaitu Gunung Sindoro,  Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Rawa Pening.

Warna biru rawa cukup menggugah eksotisme tersendiri. Desau angin, gesekan dedaunan mampu membuat siapapun terlena. Wes deh, aku tak mampu mengungkapkan dengan kata-kata. Cantik banget!

5. Sky Deck View

Seperti dijelaskan sebelumnya dari sky deck view, pengunjung bakal disuguhi pemandangan penuh pesona. Bahkan dari atas sini terlihat lalu lalang tol di bawah. Benar-benar keren habis. 

6. Jembatan Kaca

Selain itu terdapat lantai atau jembatan kaca yang membuatmu semakin maksimal menghidup keindahan alam secara nyata. Tentunya sepatu sandal juga dilepas.

Lantainya kaca loh, tiati guys (Foto dok. pribadi)


Dari atas sini, pemandangan tak kalah menakjubkan. Pepohonan, jalanan di bawah hingga rawa membentang luas sekali.

Eh kalau berani bisa foto keren dengan latar belakang pegunungan yang keren loh. Desain jembatan kaca cukup kokoh sehingga aman dan nyaman untuk jalan dan berfoto di sana.

7. Spot Foto Instagramable

Untuk foto keren, kamu bisa pilih di setiap sudat karena keren-keren semua. Selain di lantai kaca dan sky deck view, ada lagi tempat lain berupa bulan sabit. Dulu, arena ini tidak ada bulan sabitnya.

Spot kece buat jepret (Foto dok. pribadi)


Ada lagi menara yang letaknya di bagian depan dekat arena wahana mainan. Selain itu ada resto sebagai view point dari Goa Rong. Dari resto, kamu dapat memandang semua keindangan alam dengan leluasa.

Dan, setelah dengan berbagai keseruan keindahan alamnya, lanjut ke goa yuk!

 

Ratusan Anak Tangga Menuju Goa di Goa Rong View

Belum lengkap kalau ke Goa Rong tapi tidak sampai ke goanya. Meskipun harus atur nafas karena musti menuruni ratusan anak tangga.

Jalan  menuju goa melalui resto Goa Rong, kemudian akan ada anak-anak tangga yang awalnya biasa saja lalu makin lama semakin curam dan terjal. Tangga berkelok dan perlu kehati-hatian ya guys. Jangan lupa bawa air minum, dijamin haus apalagi menjelang tengah hari.

Tangga menuju Goa Rong View (Foto dok. pribadi)


Kurang lebih 600 meteran, akan ditemui anak tangga yang mulai  melandai. Ditambah suara jenggeret yang khas. Kesenyapan selain suara alam menyapa. Pas ke sana goa sepi, kebanyakan ramai pengunjung di atas, tidak sampai menuju goa.

Goa masih saja diam dengan dekapan pohon besar dengan sulur, batang dan akar yang membelit. Lengkap dengan batu yang menutup sebagian pintu masuk. Sekitarnya masih ditumbuhi tanaman yang rimbun sehingga terkesan sangat asri.

Au ah gelap, capek wkwkwk, di depan goa nih (Foto dok. pribadi)


Dedaunan pada pohon yang tinggi dan besar membuat sinar matahari tak leluasa masuk sehingga sensasi gelap terasa. Aku nggak masuk ke goa, udah capek turun tangga.

Goa ekstra estetik dan memang benar-benar tersembunyi. Jadi takjub sama orang-orang jaman dulu, benar-benar cerdas dan keren di masanya.

Bisa gitu loh bikin goa di kontur tanah yang tidak mudah. Melihat hasilnya setelah berpuluh tahun (atau ratusan tahun?) butuh perjuangan berat agar tidak ditemukan penjajah.

Nah setelah puas mengeksplor goa, balik lagi yuk ke atas. Saat ke atas juga pelan saja ya, karena lumayan menguras tenaga.

Nah, ini kisah kelanjutan pada awal aku cerita. Dulu pernah ke sini, tapi karena pas nggak fit, gitulah saat hampir sampai atas tubuh terasa oleng. Akhirnya duduklah di bangku untuk istirahat.

Rehatlah aku di sana dan pandangan semakin menggelap. OMG, tepar deh! Duh, beneran momen tak terlupakan banget. Walau hanya sepersekian detik.

Malunya ya, soalnya ada beberapa pengunjung yang sedang syuting apa gitu di dekat situ melihat dengan penuh keheranan. Bagi orang lain tak begitu terlihat juga kalau akutu oleng. Jadi, antara mau deketin untuk nolong, tapi nggak jadi.

Ya iyalah, akunya juga tetap keukeuh sok kuat, ha! Untunglah masih aman nggak sampai ambruk di tangga. Masih kuat duduk sampai bangku hingga ambruk di bangku. So pastikan badan tubuh fit saat memutuskan untuk lihat goanya.

Tapi tenang saja, sampai atas itu langsung restoran. Kamu dapat langsung pesan makanan dan minuman dengan menu lengkap dan harga bersahabat.

 

Fasilitas Goa Rong View Super Lengkap dan Terawat

Membahas fasilitas, Goa Rong memiliki fasilitas lengkap dan terawat dengan baik. Pengunjung bakal kerasan dan yakin deh, ketagihan datang ke sini lagi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Glamping

Glamping termasuk fasilitas yang menarik untuk dicoba. Bentuknya lucu dan menggemaskan dengan fasilitas lengkap seperti WiFi, AC, TV, twin bed, water  heater dan yang lainnya. 

Tempat gampling nan kece (Foto dok. pribadi)


Harganya juga terangkau hanya 650 ribu untuk 4 orang per malamnya.

2. Mushola

Jalan-jalan mau berjam-jam jangan mengabaikan acara ibadah. Bagi umat Muslim tersedia mushola. Mushola bersih dan benar-benar sejuk seolah menyatu dengan alam.

3. Restoran dan Cafe

Mengelilingi tempat wisata apalagi sampai turun lihat goa itu melelahkan loh. Apabila lapar dan haus melanda bisa menuju restoran yang menyediakan menu lengkap dengan harga terjangkau. 


Resto Goa Rong View (Foto dok. pribadi)

Restoran buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

4. Toilet

Jika ingin ke belakang, tersedia beberapa toilet. Toilet bersih dan terawat dengan baik.

5. Meeting Package

Mau meeting sekaligus healing bisa pula di Goa Rong. Harga terjangkau dengan penanganan dari tim profesional lengkap dengan resort jika ingin bermalam.

6. Gazebo

Terdapat beberapa gazebo untuk istirahat selonjoran jika capek keliling lokasi wisata. Gazebo cocok banget untuk yang datang bareng anak-anak.

7. Resort

Tenang saja kalau mau menginap, ada resort, glamping dan area camping.

Gimana, kurang apa lagi coba? Gimana nggak penasaran dengan fasilitas selengkap itu? Nah, untuk ke tempat wisata, harus cek deh tips keren dariku agar piknik makin seru dengan pengalaman baru.

 

Cek Yuk 8 Tips ke Goa Rong View, Nomor 7 dan 8 Ingat-Ingat Ya!

Memutuskan untuk piknik atau melipir perlu persiapan dan tahu hal penting dari tempat wisata tersebut. Jangan sampai datang saat terlalu penuh atau menjelang tutup. Nggak seru dong.

Tips ke Goa Rong View versiku (Ilustrasi pribadi with Canva)


Di bawah ini tips versiku setelah berkunjung ke pesona wisata Kabupaten Semarang Goa Rong View, yaitu:

1. Waktu Terbaik Berkunjung

Pengalaman pribadi, ke Goa Rong tengah hari pas panas ngenthak enthak itu kurang asyik. Akibatnya, kurang maksimal ambil foto atau mengeksplor wisata. Apalagi saat ke goa, capek sungguh beb!

Sebaiknya datang pagi hari saat pengunjung masih sedikit atau sore hari sekalian untuk melihat sunset. Selain itu lebih baik berkunjung pas hari kerja. Soalnya kalau liburan dipastikan ramai pengunjung sehingga kurang asyik mau ekplor wisata.

2. Membawa Kamera

Swear, pemandangan sangat indah dari puncak gardu pandang, jadi jangan lupa bawa kamera atau HP dengan kamera mumpuni. Saking indahnya, sayang kalau sampai tidak diabadikan.

3. Memakai Sepatu

Area wisata yang naik turun bikin lumayan capek apalagi yang sudah berumur. Sebaiknya pakai sepatu biar nyaman dan praktis. Khususnya bagi yang ingin turun lihat goa.

4. Bawa Tas Ransel Saja

Nah, agar praktis jalan sana sini, aku sarankan membawa barang bawaan dalam tas ransel saja. Soalnya jika ingin ke goa nih, lumayan ribet kalau pakai tas yang sosialita gitu.

Ini pilihan juga karena belum tentu ke Goa Rong mau lihat goanya. Namun, masa iya ke Goa Rong tapi nggak mampir goa? Sayang, kan?

5. Jaga Kebersihan

‘Annadhafatu minal iman’, kebersihan adalah sebagian dari iman. Kemanapun berada, menjaga kebersihan wajib hukumnya jadi tetap pada koridor bersih, bersih dan bersih. Malas juga kan kalau ke tempat wisata tapi penuh sampah dan plastik bertebaran?

6. Cek Rem Kendaraan

Jalanan naik turun curam, terjal dan berkelok bisa membahayakan kalau kendaraan kurang sehat. Saat ke Goa Rong, pastikan kendaraan dalam kondisi stabil, normal dan sehat dengan rem mumpuni supaya aman dan nyaman hingga balik lagi ke rumah.

7. Badan Pastikan Fit jika Ingin Turun Lihat Goa

Ahai, pengalaman pribadi juga nih, jika ingin ke goa, pastikan tubuh fit dan sehat, ya. Walau tidak terlalu jauh, tapi lumayan menguras keringat dan pastikan bawa air minum biar saat capek atau haus dapat langsung diminum.

8. Saat Eksplor Foto, Hati-Hati ya Guys

Tempatnya memang asyik dan memang keren banget. Namun, saat eksplor foto jangan sembarangan dan tetap hati-hati. Perlu fokus agar tidak membahayakan diri sendiri. Apalagi di tempat cukup tinggi seperti tangga goa ataupun di menara dan lantai kayu.

Spot kece buat foto di Goa Rong View (Foto dok. pribadi)


Tips kutulis berdasarkan pengalaman pribadi, biar semakin nyaman saat berwisata ke Goa Rong View yang konon tembus segala arah. Ingat yang nomor 7 dan 8 juga yes. Pesonanya lengkap dengan sejarah dan kisah goa pertapaan ini benar-benar tembus mengikis waktu, tanpa jejak, ea…

 

Kapan Melipir ke Goa Rong View?

Jadi bertanya-tanya dakuw, kapan ya ada lagi yang ngajakin aku melipir lagi ke pesona wisata Kabupaten Semarang Goa Rong View ini? Kamukah berikutnya?

#pesonakabupatensemarang

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Wisata Kabupaten Semarang"


2 komentar:

  1. Lama gak blogging. Aku mau jajal fitur komen ya Mbak. Tapi aku emang mau komen beneran. Jadi bertahun tahun lalu aku pernah kesitu juga. Tapi nyari goa rongnya tuh gak ketemu. Udah jalan turun lewat anak tangga yang menuju kesana itu tapi terus naik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lhah kok bisa, jangan-jangan nggak sampai bawah mas? itu sampai bener-bener ujung tangga palaing bawah dan goanya emang tersembunyi

      Hapus