Jumat, 03 November 2023

Mbaknya Sibuk? Iya, Sibuk Ngeblog

Mbaknya Sibuk? Iya, Sibuk Ngeblog

Html, DA, PA, broken link, SEO bla bla bla, argh au ah gelap…

Wkwkwk, iya, ngeblog serumit itu.





Padahal, nggak juga, sih. Ceritanya, awal ngeblog buat mendulang cuan. Sesimpel itu pokokmen.

Aku Takjub

Dulu, ya muk plenggang plenggong mengamati rangorang yang tulisannya bagus, blognya keren, ilustrasinya bikin aku takjub. Kok bisa, ya? Kok bisa sih dapat job buat blog.

Carane kepiye?

Ntahlah, pada akhirnya tahu 2016 aku bikin blog gratisan, itupun cenunak cenunuk tak paham. Kemudian, lanjut ke blog berbayar yang sekarang ini.

Kalau ditanya aktifitas blog-nya saat itu, ya zonk kayak orang rebahan. Nganggur suam-suam kuku, soalnya nggak mudeng mau digimanain.



Lha njuk kapan mendulang cuan kalau dianggurin muluk?

Sttt, pada akhirnya dapat pula job dari e-commerce terpercaya. Belanja online aja nggak mudeng caranya ini job tentang marketplace. Jadinya hasil tulisan super kaku.

You know betapa bingungnya dakuw saat harus kasih link dan lain sebagainya yang membuat pusing karena nggak mudang brief job.

Akhirnya rajin bertanya-tanya, ke siapapun yang mau berbagi. Walaupun sebagian teman dekat juga nggak paham ngeblog.

Apa job pertama bikin semangat ngeblog? Nggak, nggak sama sekali. Apalagi kalau ditanya kata kunci, html, DA PA, hmmm....

Aku cuma masih semangat nulis, itupun ya gitu deh, suam suam kuku.

Aku Sibuk

Kesibukan makemak memang tiada tanding. Namun, nulis semau gue di blog ternyata benar-benar menyenangkan. Kalau dicek, beberapa kali aku sempat nulis full selama sebulan penuh.


Pokoknya aku nulis aja mengalir kayak Air Terjun Curug 7 Bidadari. Semua berakhir ketika kesibukanku menggunung. Kenapae, mbak?

1. Buka Warung Makan

Waktu itu aku buka warung makan. Kerempongan hidup mulai dari belanja, masak, siapin makanan matang, melayani pembeli, asah-asah dan lain sebagainya.

Ya Allah, kadang heran, aku bisa sesetrong itu sodara-sodara!

2. Nulis Skenario Sinetron Stripping

Selain itu masih kusambi ikut tim nulis beberapa skenario stripping TV swasta selama 4 tahunan dan beberapa FTV.

3. Antar Jemput Bocil

Yaelah, masih antar jemput bocil secara hidupku LDR. Ampun, beratku merosot sampai ke titik gadis lagi 42 kg. Semungil itu saking banyak beban kerja, beban pikiran dan beban hidup hihihi.

4. Sehari Minim 10 Artikel di UC News

Selanjutnya, sibuk mendulang dolar di UC News. Sehari, aku bisa nulis sampai kadang 15 artikel! Demi cuan dan dolar, ah jadi rindu dolar dakuw.

5. Menjadi Bagian dari Mom Brand Susu

Menjadi bagian dari mom susu anak alhamdulillah. Banyak kegiatanya dan benar-benar menambah wawasan.

6. Detlen Buku

Ada beberapa ACC buku dari pihak penerbit mayor yang mengharuskanku menyelesaikannya segera . Nulis buku itu butuh dukungan, ide dan fokus.

Menyenangkan semuanya dan el el selanjutnya aku tak sanggup ngeblog. Huhuhu, benar-benar tak sanggup. Tapi…

Sekarang Aktivitasnya Apa, Mbak?

Banyak! Wkwkw dan sibuk. Iyalah, sibuk itu pasti hanya agak bisa menyenangkan diri karena bocil udah mendewasa perlahan. Nah, tapi ternyata saatnya bayar UKT si mbarep udah dekat!



Terus terus terusssss uangnya dari mana?

1. Ngeblog

Aku nggak kenal gaji sodara-sodara, setelah memutuskan resign dari ngantor  bertahun-tahun yang lalu.

Sebagai freelance tergantung projek yang kugarap, dapatnya honor. Jadi, cuan salah satunya dari aktivitas menulis blog. Kok bisa?

Iya, aku masih nulis terutama kalau alhamdulillah ada tawaran nulis blog, atau apply agensi untuk job blog.

Alhamdulilah alhamdulillah dan alhamdulillah masih ada yang menawariku untuk mereview produk.

Selain itu sedikit paham dengan apa itu html, SEO, DA PA dan teman-temannya. Baru secumil ya, kalau level 1-100, aku masih di level 1.

Cuma, kesibukan sekarang nulis sama emak rumahan rebahan doang. Apaan sih mbak, mau jelasin nggak? Mau tau atau mau tahu banget?

2. Nulis Pesanan Artikel

Yap, ini promosi juga kalau aku menerima pesanan artikel. So buat mbak mbak mas mas yang butuh tulisan tapi nggak sanggup nulis, bisa kepoin WA-ku.

3. Bikin Pesanan Rica

Hubungannya dari kisah sebelumnya tentang warung makan. Sampai sekarang para fans garis keras rica yang cocok dengan masakanku masih sering pesan.

Dan, tentunya aku akan menerima selama aku sempat memasaknya. Soalnya, detlen artikel kadang tak bisa diganggu gugat.

4. Nulis Novel

Jadi gini, akutu punya cita-cita mau ngelanjutin novel yang terbengkalai. Namun, gitu deh, kadang berantakan karena ada hal yang harus segera diselesaikan terlebih dahulu.



Terutama Sepersekian Detik udah ngawang-ngawang di kepala tapi belum kelar juga, huhuhu.

Tungguuuu, kalau ada yang kepo sama novelku di platform online, bisa mampir ke GoodNovel, ya. Nama penaku Elangayu di “Jerat Cinta Sang Langit”.

5. Membersamai Orang Tua

Nah, kali ini aku terharu nulisnya, mata berembun tipis-tipis karena disela aktivitasku dalam pencarian tambatan hati, eh cuan, tetap membersamai orang tua dan itu harus. Kesabaran adalah level tertinggi untuk urusan ini, insyaallah, amin.

Tercintaku sudah sepuh 85+++ so harus cerdas memanajemen waktu dengan baik agar semua terkondisikan dengan baik pula. Pokoknya aku mau kasih yang terbaik untuk beliau-beliau tercintaku ini, I love you!

6. IRT

IRT yang masih tetap setrika, njemur, asah-asah, masak, nyapu dan sesekali nimbrung kepoin si BTS, koi, crocodile skink, kalkun dan ayam.

7. Naik Gunung

Ceritanya, nggak pernah lulus diklat karena emang nggak pede buat ikutan. Namun, nyatanya naik gunung itu ngangenin ygy.



Ada sisi positifnya juga lo karena akhirnya aku rutin senam dan jalan muterin alun-alun ping pitulikur! Ben bugar, sehat, strong, amin.

Walau yang lainnya lulusan Rinjani, Tambora dan entahlah. Aku cukup selevel Telomoyo sama Kelir. Pokoknya gaspol sebagai Tempala (Temannya Anak Mapala) hihihi.

Gitu aja, kok.

Njuk Kapan Ngeblognya?

Kapan ngeblog? Pas pingin nulis, pas ada job dan pas pingin ikut lomba.  

Kayak sekarang ini nih, komunitas paling ciamik Blogger Gandjel Rel ngadain lomba nulis dalam rangka Hari Blogger Nasional pada 27 Oktober 2023 dengan tema ‘Apapun Aktivitasku Sekarang, Aku Tetap Ngeblog’.

Banyak suhu di komunitas Gandjel Rel dan dari berbagai latar belakang berbeda. GRes, sebutan untuk member Gandjel Rel baik-baik dan suka berbagi ilmunya.

Terimakasih, GRes, Ngeblog Ben Ra Ngganjel tagline-nya, keceh badai, kan?

Angkat topi buat Gandjel Rel, lop yu pul.

Mbaknya Sibuk?

Iya Sibuk Ngeblog.

Ah, ya, aku coba nulis versiku, pengalaman jungkir balik ngeblog di antara aktivitas utama yang tidak dapat ditinggal.

Pokoknya nulis itu gimana ya, tak bisa diungkapkan. Asyiknya, kerja kerasnya, konsistennya, wah, butuh ngelembur kadang, eh sering.



Pokoknya bismillah, deh, buat kamu yang harus urus rumah, alone, cari cuan, ngurus orang tua, anak dan tetap umbah umbah bin asah-asah, ngeblog bisa merebahkan pikiran.

Sesantuy itu dan rezeki insyaallah datang dengan proses yang kadang anti mainstream. Tenang aja, pokoknya ngeblog tiada akhir!

14 komentar:

  1. Mantap nih ikut nulis skenario juga. Mau dong dibagi jobnya kalo ada, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama banget nggak nyecript mbak Farida, sinetron udah jarang pada pindah channel2

      Hapus
  2. Jadi penasaran deh dengan rica-rica masakan Mbak Wahyu. Mbak Wahyu keren nih suka naik gunung. Aku malah belum pernah naik gunung sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masakan rumahan biasa mbak. Naik gunung sesekali mbak, biar fresh lagi, coba aja nanti ketagihan loh...

      Hapus
  3. MasyaAllah, Mbak Wid super sibuk dan produktif. Keren amat sih, udah nulis novel online, nulis skenario, dll.

    BalasHapus
  4. Keren banget Mbaa biarpun rempong tapi tetap ngeblog dan nuliiis semoga berkah yaa

    BalasHapus
  5. Produktif niaaan. Mau juga diajarin nulis skenario doong

    BalasHapus
  6. Kegiatan2mu mantuuul mba..wis ngono isih rutin ngeblog. Dua 👍deh!! BTW, aku wis nyerah mbak dg SEO dkk..hihi.. wis aku ngeblog sak anane wae 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun mbak, timbang pusing, nulis ya nulis aja. Pingin jane ya bisa ini itu

      Hapus
  7. Luar biasaaa ini kesibukan Mbak Wahyu. Ngeriii... sehari bisa 10 lebih gitu yaa nulis artikel. Hormat senjataaaa... eh hormat keyboard aja deh. Aku mau juga dooong bayaran dollar dollarnya.

    BalasHapus
  8. Wah ini salah satu yg memotivasi saya, njenengan tulisannya keren-keren, aktivitasnya banyak tapi masih nulis blog, skenario dll. Motivasi nulisnya yg saya tiru kalau naik gunung ...hahaha ndak kuat mbak...sudah otw 60 umurku.

    BalasHapus