Rabu, 01 November 2023

Peran Media dan Isu Kusta

Peran Media dan Isu Kusta

Media berperan sangat penting dalam menyuarakan isu kusta. Walau tidak banyak, ada satu media yang konsisten menyuarakan berbagai hal terkait kusta ini yaitu solidernews.com.



Sepak terjang media online tersebut memberi dampak luar biasa terkait informasi isu kusta yang dibutuhkan masyarakat, tak terkecuali OYPMK dan disabilitas.

Peran Media dalam Menyuarakan Kusta

Membahas tentang kusta dan disabilitas tak lepas dari peran NLR Indonesia dan KBR. Tema ‘Peran Media dalam Menyuarakan Isu Kusta’ hadir dalam live streaming yang diselenggarakan NLR Indonesia dan KBR pada Selasa, 31 Oktober 2023.



Sebagai host Mas Rizal Wijaya dan narasumber yang kompeten menyuarakan isu kusta yaitu redaktur solidernews.com, Ajiwan Arief Hendradi, S.S.

Meskipun banyak media online berseliweran tidak banyak yang mengupas tuntas dalam ranah kusta dan disabilitas.

Terdapat beberapa alasan mengapa solidernews.com mengangkat kusta sebagai tema dalam tayangan medianya, antara lain:

1. Sebagai Corong yang Mampu Menyuarakan

“Media dinilai sebagai corong, bisa dinilai sebagai panutan bagi masyarakat, maka promosi terkait kusta sangat efektif,” kata Ajiwan. Artinya apapun yang ditulis akan memberi tambahan wawasan agar lebih memahami tentang kusta lewat media.

2. Masih Banyak yang Mengalami Kusta

Dalam masyarakat sendiri masih banyak yang mengalami kusta, OYPMK (Orang yang Pernah Mengalami Kusta) dan disabilitas. Hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk mengatasi dampak kusta lengkap dengan cara pengobatannya.

3. Belum Banyak yang Tahu Tentang Kusta

Di pelosok daerah, tidak semua mengetahui apa itu kusta. Saatnya media menyuarakan isu kusta agar masyarakat lebih aware, paham, tahu dan terliterasi akan kusta.

4. Sosialisasi Kusta

Melalui media pula dapat mensosialisasikan kusta agar masyarakat lebih paham dalam penanganannya.

5. Menghilangkan Stigma Kusta

Masih banyak bermunculan stigma bahwa kusta adalah penyakit kutukan dan azab. Maka, dengan pembelajaran media akan lebih banyak yang tahu dan tidak menjudge bahwa kusta adalah penyakit kutukan.

Tujuan media dalam menyuarakan kusta agar jaminan OYPMK dan disabilitas tidak lagi terpinggirkan dan tidak terdiskriminasi.

Mengenal Solidersnews.com dalam Menyuarakan Isu Kusta

Solidernews.com hadir dalam menginformasikan berbagai hal seperti liputan, opini dan masih banyak lagi yang lain.



Tim media juga sudah banyak melakukan berbagai hal untuk kusta antara lain:

1. Melatih Pendampingan Menulis

Pada 2021 media melatih pendampingan untuk menulis dan bekerjasama dengan NLR Indonesia.

2. Melakukan Training Jurnalistik

Pada 2022 melakukan training jurnalistik kawan NLR Indonesia dalam menyuarakan kusta lewat media sosial.

3. Memberikan Informasi Lengkap

Berbagai informasi dalam solildernews.com terbilang cukup lengkap terkait kusta baik untuk event, edukasi dan informasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Respon masyarakat untuk media cukup bagus dan pembaca banyak yang responsif. Bahkan banyak yang membagikan tulisan ke grup sehingga isu kusta lebih meluas dengan berbagai informasi terbaru.

Mengatasi Isu Berita Hoaks Terkait Kusta

Dunia digital yang berkembang pesat membuat berita hoaks banyak bermunculan. Untuk mengatasi isu hoaks terkait kusta, Ajiwan memberi saran penting, yaitu:

1. Lebih Cerdas Memilih Berita

Tidak dengan mudah menyebarkan berita jika tidak tahu kebenarannya secara pasti.

2. Melakukan Riset

Mengatasi hoaks dengan riset terlebih dahulu lewat Google, situs khusus atau melalui tools.

3. Memfilter Berita

Masyarakat harus lebih cerdas dalam menyaring berita dengan tidak langsung percaya pada semua tayangan berita yang tidak jelas.

Media sendiri sudah mengurangi stigma kusta dengan meluruskan hal negatif tentang kusta, sehingga masyarakat luas tahu dan aware tentang penyakit ini.

Solidersnews.com dan Tayangan tentang Kusta

Konsisten dalam menyuarakan kusta, Ajiwan mengungkap bahwa solidersnews.com memberikan keleluasaan pada blogger atau siapapun untuk berkontribusi di media.



Bahkan sudah ada OYPMK dan disabilitas yang ikut memberi wawasan baru dalam media tersebut.

Solidernews.com menyampaikan peristiwa yang sedang terjadi pada perlindungan disabilitas dan isu disabilitas. Kiprah dengan membahas bagaimana organisasi disabilitas mengupayakan perkembangan berupa tulisan mendalam.

Analisis, isu mendalam dari tokoh yang kompeten dari disabilitas. Akses data, berupa unggulan kebijakan dari disabilitas, aturan pemerintah, perda serta pusat data. Terdapat pula akses teknologi yang penting dalam digitalisasi media sekarang ini.

Meskipun masih banyak kendala, solidernews.com bertekad terus menyuarakan isu kusta. Maka perlu kerjasama dengan banyak pihak agar stigma negatif isu kusta dapat dihilangkan.

“Tentu kawan-kawan yang OYPMK yang sudah sembuh sudah dengan cara melakukan cara penyembuhan secara teratur sangat disarankan dan menerima diri. Meminimalkan stigma dengan cara dengan bekerjasama dan mencari dukungan dari keluarga dan masyarakat sekitar, berjejaring dengan lembaga-lembaga terkait tidak kalah penting agar lebih berdaya guna,” tutup Ajiwan sebagai pesan yang luar biasa.

Penutup

Media dan isu kusta memang saling terkait. Semakin banyak media menyuarakannya maka kesadaran masyarakat akan kusta lebih berkembang.

Selain itu OYPMK dan disabilitas bahkan orang yang masih mengalami kusta dapat memaksimalkan potensi diri untuk lebih berdaya guna. Salam.


0 komentar:

Posting Komentar