Selasa, 22 Agustus 2017

Lagi, 3 Kebiasaan Anak Ini Bikin Kita…



                                        Lagi, 3 Kebiasaan Anak Ini Bikin Kita…

Dear, Sob.

Pernah merasakan keiasaan anak-anak yang bikin kita ngelus dada? Kesal tapi bikin ketawa?
Hehehe, tentu saja ya, Sob.

Dua hari yang lalu saya posting tentang kebiasaan atau hal-hal yang anak lakukan. Selengkapnya bisa baca ini 7 Kebiasaan Anak Ini Bikin...

Sumber foto: pixabay.com


Etapi, tak hanya 7 poin itu saja kok. Dua hari ini saya jadi pengamat sejati si jagoan kecil. Ada kebiasaan yang ternyata bikin geli sendiri. Penasaran? Intip sampai tuntas ya:

1.    Suka Meraut
Wah, ini bikin geli tapi juga menyebalkan.
Pernah nggak sih nungguin si kecil bikin tugas, baru nulis satu kata, eh terus sibuk sendiri dengan rautannya. Pencil yang masih lancip dan layak untuk menulis diraut terus.



Habis itu nulis lagi satu kata, lalu meraut pensil kembali. Begitu terus. Kalau diingatkan ^tentu saja dengan penuh sangat kesabaran, si anak ya cuek saja. Terus meraut. Sampai pensilnya tingga 4 cm, baru deh berhenti. Ukuran saat si anak sudah kesulitan memegangnya untuk menulis.

Hihihi, kapan juga ya tugasnya selesai?
Parahnya lagi, ada loh si anak yang meraut pensil, eh hasil rautannya di taruh di dalam tempat pensil. Hingga menghitam, karena nggak segera dibuang.

Ada juga hasil rautan pensil terus dibikin mainan, sampai tangannya menghitam. Uh uh uh…

Bukan hanya pensil yang jadi korban loh. Tetapi pensil warna, bahkan krayon juga (dirautnya dengan rautan krayon). Hasil rautan ditaruh wadah, dikasih air. Hasilnya? buat corat coret. Yah begitulah kreatifitas anak-anak kecil :D

Ah, ya, apalagi punya rautan model baru. Yang diputer pakai alat-alat ituh. Wah wah, sampai malam juga nggak ada bosannya meraut.

Baca juga:
2.    Suka menghapus
Ini juga saya alami saat kecil. Sekitar kelas 1 dan 2 Sekolah dasar. Nulisnya sengaja tidak betul. Atau terlalu besar, bahkan tulisan terlalu kecil.

Kesempatan tuh waktu bapak/ibu/orang tua negur, ya hepi banget karena akhirnya akan dihapus. Rasa menghapusnya itu loh. Usek usek usek, enak  banget di tangan, ya, xixixi. Penghapusnya sampai berwarna hitam kelam (kecuali memang yang berwarna hitam).

Ini juga yang dialami si kecil, disamping suka meraut, tak lupa juga suka menghapus.
Tak jarang, karena semangatnya menghapus, kertasnya jadi bolong. Ya iyalah, menghapusnya kan nggak hanya sekali, tapi berkali-kali. Duh, duh…

3.    Suka ikut nimbrung
Saya ingat sekali, dulu juga paling seneng kalau ada tamu. Ikutan nimbrung menemani ibu melayani tamu. Sekalian mendengarkan apa yang beliau-beliau obrolkan. Setiap tak tahu artinya, tanpa malu dan ragu ya langsung tanya.

Pokoknya nimbrung, suka ikutan ngomong di tengah pembicaraan penting. Tidak sopan ya, Sob. Padahal ibu tak hanya sekali dua kali meminta untuk ke belakang, tapi ada aja alasan supaya tetap bisa ikutan nimbrung.

Dan sekarang si kecil juga sering ikut kalau lagi menemui tamu. Untungnya, masih aman terkendali serta sopan. Yes, sebagai orang tua memang harus sabar memberikan didikan yang baik kepada mereka.

Yah, begitulah Sob. Namanya juga anak-anak. Harus terus sabar dan memberi contoh yang baik, karena bagaimanpun juga begitulah tumbuh kembangnya. Masing-masing anak tentu punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Tak perlu memarahi, apalagi sampai mengancam. Bicara dari hati ke hati layaknya teman sepertinya lebih membuat mereka hepi dan tahu mana yang baik atau buruk.

Semoga bermanfaat. Salam…

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia  

7 komentar:

  1. persis sama anakku dikit-dikit menghapus agak kesel nungguinnya wkwkwk dan kertasnya sampe lecek mending kalau ngapusnya bersih :D

    BalasHapus
  2. Hahahha kayaknya dulu kita juga gitu ya Mba^^

    BalasHapus
  3. Yang nomer dua anakku banget, wkwkwk
    itu kertas nyampe sobek-sobek -___-

    BalasHapus
  4. Nimbrung ngobrol sama tamu, saya bangetttt. Hihi
    Biasanya pas tamu pulang saya bakalan dikasih tau kalo nimbrung urusan ortu itu ga sopan, hehe

    BalasHapus
  5. Anak saya di rumah, belum begitu terlihat kebiasaan² tsb.

    Tapi anak-anak di sekolaah, komplit deeh... hihihi

    BalasHapus
  6. Anak saya di rumah, belum begitu terlihat kebiasaan² tsb.

    Tapi anak-anak di sekolaah, komplit deeh... hihihi

    BalasHapus
  7. Ketiga kebiasaan anak-anak ya, tapi anakku yang nimbrung itu kataknya nggak deh hehe, mungkin karena sdh pernah diingatkan

    BalasHapus