Selasa, 12 Mei 2020

7 Makanan Khas Lebaran Ini Menggoda Banget


7 Makanan Khas Lebaran Ini Menggoda Banget


Hai, lebaran sudah mengintip di depan mata. Ada banyak hal baru yang kita lewati dan jalani di Ramadan tahun ini. Lalu, telah terpikirkah menu ataupun resep apa yang bakal diulik-ulik ketika lebaran tiba?

7 Makanan Khas Lebaran Ini Menggoda Banget



Sebetulnya, di desaku sendiri nggak ada menu khas lebaran, sih. Hanya tiap keluarga biasanya punya makanan ataupun camilan khusus. Ada yang selalu menyediakan wajik hijau, wajik bandung ataupun camilan khas lainnya.

Sedangkan makan besar, masih standar ketupat dan opor ayam. Kelihatannya seperti itu. Lebaran kadang, mau nggak mau identik dengan ketupat dan opor ayam, hehehe.

Lalu ada menu lainnya lagi? Nah, di keluargaku sendiri, lebaran ada yang selalu spesial. Untuk sanak famili ataupun tetangga yang datang, dengan suguhan yang sederhana saja. Tapi tetap ada ciri khasnya dan sangat menggoda. Apakah itu?

1.    Lemper



Nggak banyal-banyak kok. Paling hanya bikin sekilo ataupun 1,5 kilogram ketan gitu. Yang bikin juga ibu sama aku, berdua saja. Soalnya cara membungkus lemper ala jadul ini tak banyak yang bisa juga, hehehe. Butuh latihan lho membungkus lemper. Saking uniknya, aku pernah membuatnya menjadi sebuah cerita anak.

2.    Misua
Terbuat dari mi khusus. Bumbunya juga hanya bawang, garam dan ebi. Setelah diaduk-aduk dan dimasak bareng mi, didiamkan beberapa saat. Diiris kemudian digoreng dengan tepung terigu yang telah dicampur telur dan air.

3.    Ketupat
Ketupat juga bikin sendiri. Tahu kan merebusnya lama pakai banget. Bisa lebih dari 4 jam, hehehe. Seharusnya asik di tungku kayu gitu. Tapi karena nggak punya ya di kompor gas. Tentunya butuh perjuangan saat membuatnya. Karena aku juga yang bikin ketupatnya. Merangkai janur jadi ketupat tak semua orang bisa.

4.    Opor ayam
Ayam mendadak mahal menjelang lebaran. Karena saat seperti itu harga bakalan naik. Untunglah ada kandang ayam kampung. Bapak yang memeliharanya. Jadi, saat lebaran, makan opor ayam hasil kandang. Hemat, begitulah...

5.    Sambal goreng kentang dan krecek
Ada yang suka? Memang sih teman setia opor ayam ya sambal goreng kentang dan krecek. Butuh perjuangan saat memasaknya. Mengupas kentang, mengirisnya, menggoreng, lalu membuatnya menjadi santapan lezat.

6.    Wajik bandung
Resep wajik dari jaman dulu kala memang selalu spesial. Butuh proses yang nggak sebentar lho guys. Dimasak, dibungkus, dijemur. Nah, lama kan? Fotonya di atas sendiri ya.

7.    Nastar dan sejenisnya



Selalu ada dan bikin sendiri. Itu sesuatu banget guys. Butuh kesabaran ekstra saat membuatnya. Untung ada krucils dan ponakan. Bisa diberdayakan bantuin buat ngolesin telur atau membentuk kuker, hehehe.

Lebaran selalu menyenangkan dengan banyak makanan enak. Tapi, tetap makan secukupnya saja. Lagipula di masa pandemi ini tak ada acara mudik. Meskipun tak bisa bersilaturahmi secara langsung. Tetap semangat di hari nan fitri ya. Makanan saat lebaran, bisa dibuat secukupnya untuk dimakan sekeluarga saja.

Lalu, apa menu khas daerahmu?


Hari ke 23 #BPNRamadan2020

0 komentar:

Posting Komentar