Kamis, 17 Agustus 2017

Dirgahayu RI ke 72, Sukses Desaku, Sukses Indonesiaku



Dirgahayu RI ke 72, Sukses Desaku, Sukses Indonesiaku

Merdeka!

Dear, Sob. Masih sibuk dengan acara tujuhbelasan?
Tak terkecuali di daerahku, Desa Sumowono. Desa yang terletak tepat di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah ini memang terbilang unik. Setiap tanggal 17 Agustus, beragam perayaan dan keramaian mendadak menjadi tontonan masyarakat.

Foto by Bp. Edy Triyono

Seminggu menjelang 17 Agustus sudah banyak beragam acara yang digelar. Bahkan sebulan sebelumnya. Sobat mau tahu apa saja?

1.    Pasar malam
Seminggu bahkan 2 minggu sebelum tanggal 17 Agustus, selalu ada pasar malam di lapangan TNI AD di Dusun Nyampuran, Kec. Sumowono.

Mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa tempyuk di pasar malam ini. Beberapa permainan menetapkan tarif yang lumayan yaitu Rp. 10.000,-. Ada njot-njotan, mancing ikan, komidi putar, sangkar burung.

Anak-anak selalu antusias dengan adanya pasar malam ini. Emak-emak rempong mengantar anak-anaknya. Plus pengeluaran yang berlebih ^tak apalah, nggak setiap hari juga, hehehe.

2.    Pasar tiban
Sepanjang jalan perempatan Sumowono menuju lapangan TNI AD, mendadak banyak orang menggelar lapaknya. Mulai dari kaus kaki, tas, mainan, jajanan, burung, ayam warna warni, kepompong, sate, gorengan, boneka, baju dan lain sebagainya. Hem, dipilih, dipilih.. mau apa saja ada.

Pasar tiban ini  membuat parkiran depan rumah rame juga hihihi

 

3.    Karnaval
Beberapa dusun mengadakan karnaval khusus memperingati acara agustusan ini. Kemeriahannya membuat orang beduyun-duyun untuk datang menontonnya. Warga tumplek blek menonton acara ini.

Baca juga:

4.    Drum Band
Menjelang upacara hari kemerdekaan, selalu ada drum band yang menyertainya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Tentu saja anak-anak, orang dewasa sangat suka menonton drum band yang tak setiap hari bisa ditonton.

Saat lewat di jalan, selalu menjadi tontonan yang mengasyikkan beserta riasan dan bajunya yang memang super mencolok.

5.    Acara Musik
Musik memang universal. Pop, dangdut, rock bahkan keroncong. Panggung terbuka di tengah desa semakin memeriahkan acarasetiap tanggal tujuhbelas Agustus. Orang-orang yang lewatpun tak kuasa untuk tak menotonnya. Berhenti sejenak ah…

Tujuhbelasan memang selalu luar biasa. Warna warni kemeriahannya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk segenap lapisan masyarakat.

3 hari ini, menjelang, hari H dan sehari sesudahnya akan menjadi peningkatan perekonomian walau hanya sesaat. Para pedagang mremo (kesempatan mendapat laba) mendapat penghasilan berlebih untuk acara seperti ini.

Sukses Desa Sumowono, sukses negeriku, Indonesia. 

Dirgahayu RI ke 72, I Love You!

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

9 komentar:

  1. Waah...di Desa Sumowono meriah sekali kegiatan memperingati hari kemerdekaan ya...
    Di daerah saya seperti biasanya saja, Mbak. Ada perlombaan-perlombaan untuk anak-anak.

    BalasHapus
  2. Merdeka, dirgahayu.. Indonesiaku. Karnavalnya kelihatan ramai banget.

    BalasHapus
  3. Dirgahayu RI ke 72.. meriah banget ya mbak, kalau di sini gak ada drumband, cuma ada pawai jalan kaki dan sepeda hias

    BalasHapus
  4. Rame dan seru banget perayaan 17 Agustusan di Sumowono, mbak. Komplit pula, ada pasar malam, karnaval. Jadi mupeng jalan2 kesana 😊

    BalasHapus
  5. Hal yang paling ditunggu adalah karnaval, yes
    saat semua orang kampung keluar, baik yang nonton atau yang ikutan
    seru euy

    BalasHapus
  6. Di daerahku karnaval yang diikuti oleh anak-anak paud lucu banget lihatnya imut-imut dan cantik hehe

    BalasHapus
  7. dirgahayu yg ke 72 indonesia, merdeka !!

    BalasHapus
  8. disini juga ada karnaval mba, baru hari ini. Seru ya bisa jadi tontonan warga setahun sekali :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulilah ikut senang melihatnya, semoga daerah lain ikut semangat

    BalasHapus