Rabu, 09 Agustus 2017

5 Tips Sebelum Belanja, Nomor 4 Sudah Kamu Lakukan Belum?



5 Tips Sebelum Belanja, Nomor 4 Sudah Kamu Lakukan Belum?

Dear, Sob. Masih hari Rabu, tetap semangat, kan?

Meminimalisir penggunaan tas kresek yuk
  
Siapa suka belanja? Belanja kemana dulu nih? Pasar, supermarket, Pak/Mbak sayur, atau ke warung kelontong dekat rumah? ^Kemana aja deh…


Untuk ibu rumah tangga (yang ngekost juga boleh) belanja merupakan kebutuhan rutin. Belanja bahan masakan, belanja bulanan atau belanja lain-lain yang serba mendadak.

Pokoknya urusan belanja ini bisa kemana-mana, iya apa iya hayo…

Nah untuk menghemat pengeluaran, kita bisa memprioritaskan apa yang akan kita beli. Untuk itu, ada tips kece nih biar belanjannya focus dan nggak melebar kemana-mana.

1.    Daftar belanja
Sebaiknya kita tulis daftar belanjaan kita di hp atau selembar kertas. Dengan begitu bisa kita perkirakan seberapa banyak uang yang harus kita bawa.

2.    Beli banyak sekalian
Artinya gini nih, misalkan beli kacang panjang, ya panjang beli saja yang seikat besar. Ini bisa menghemat pengeluaran. Karena bisa kita pakai untk 2 atau 3 kali masak. Tahu sendiri kan dengan beli seikat tentu harganya lebih murah daripada beli setengah ikat (itupun kalau dibolehin penjualnya).

3.    Bawa uang secukupnya
Kalau perlu dipres sesuai dengan catatan belanja tadi. Tentunya dilebihkan biaya transport.

Pernah kan mata ijo maunya belanja buah melon eh ada semangka, mangga, duren, bahkan baju yang bergantungan. Hihihi bawaannya mau nawar aja. Kalau bawa uang pas, kan mikir tuh. Malu kan belanja uangna kurang?

Baca juga:

4.    Bawa tas dari rumah
Nah, ini penting sekali, Sob. Aku juga loh ngelakuin ini kalau ke pas mau ke pasar. Atau kemana aja deh pokoknya yang berhubungan dengan belanja.

Cukup dengan bawa tas dari rumah, sangat membantu menghemat penggunaan plastik. Melansir p-wec.org tas kresek memerlukan waktu 10-20 tahun untuk bisa  hancur. Lama sekali ya, Sob?. Didaur ulangpun membutuhkan dana yang tak murah. So, jangan malas bawa tas kalau belanja, ya.

5.    Makan dulu
Terkecuali emang sudah direncanakan bahwa belanja kali ini sekalian sarapan, makan siang atau makan malam. Tak masalah. Kalau hanya belanja biasa saja, lebih baik makan dulu dari rumah. Saat belanja nggak pusing karena perut keroncongan, hehehe.

Masih ada lagi nggak sih, Sob? Monggo kalau mau ditambahin…

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

8 komentar:

  1. Kalau makan dulu itu aku banget say, bawa tas itu yang sering kelupaan
    Jadi merasa bersalah nih ikut menyumbang sampah plastik, maafkan aku bumiku sayang

    BalasHapus
  2. tutup muka karena aku termasuk yang ga pernah bawa tas dari rumah *maafkan lalu salim ke mba Wahyu :p

    BalasHapus
  3. pas kantong plasti bayar, sy selalu bawa. sekarang krn gratis lg jd ga pernah bawa hehe...

    BalasHapus
  4. Aku yang masih susah tuh penggunaan plastik mbak.

    Sering lupa bawa tas kresek besar dari kos. Jadinya malah nimbun banyak plastiknya di kos.

    BalasHapus
  5. bawa uang secukupnya itu harus banget, kalau bawa uang sebanyak2nya suka 'hilang ingata' ya... hehe

    BalasHapus
  6. Setuju dengan tips2 nya kak.. ^^
    No 1 itu penting banget ya, kadang saat belanja ngga bawa daftar, tiba2 yg dibutuhkan ga keambil, malah penuh sm yg ngga dibutuhin, he.. ^^

    BalasHapus
  7. Tipsnya boljug tuh, secara kalau belanja aku suka keblondroh.. (tau ga?) niatnya beli apa malah yang kebeli apa hahahahaaa

    BalasHapus
  8. yang terakhir tuh mbak, gak makan gak ada energi buat belanja apalagi kalau banyak diskonan.

    BalasHapus