Rabu, 02 Agustus 2017

Pantang Menyerah ala Jaden



Pantang Menyerah ala Jaden

Dear, Sob…

Lama banget nggak nonton film bikin dahiku mengerut saat tema Arisan Blog Gandjel Rel periode 8 dikocok. Dua orang teratas adalah Mbak Untari dan Mbak Ira Sulistiana. Blog keduanya sangat menginspirasi dengan bahasa enak dan nggak ngebosenin. Dan, akupun belum pernah bertemu muka dengan keduana juga, hehehe. 

Tema yang diambil film favorit sepanjang masa. Haduh duh duh.. mengingat masa-masa lalu ^hallah…

Tanpa sadar memori otakku mengenang jaman baheula. Film-film Steven Seagal, Jackie Chan, Bruce Lee, Suzanna, Warkop, Bang Rhoma, Si Unyil, Friends, Baywach, Friday The 13th ^bayangin tahun kapan ituh? Ada lagi separuh inget Little House on the Praire, jaman bayi hihihi.

Jaden Smith dan WenWen dalam The Karate Kid

Sebelum ada youtube, nonton video jadi pilihan. Termasuk bapak yang suka pinjem video di rentalan. Itupun adanya di Ambarawa, 12 km dari desaku. Pinjamnya bisa sebulan karena dalam jumlah banyak sekalian. Harusnya maksimal seminggu tapi ada perkecualian buat bapak.

Oh ya, yang namanya video ini sekitar panjang lebarnya separuh buku tulis. Tebal yah 4 cm ada kali, ya. Karena jaman itu adanya film horror dan dewasa, bapak nggak lupa pinjam film kartun buatku yang masih bayi.

Tapi aku juga sering ikutan nonton film silat. Yang serinya bisa sampai 57 kaset video. Bayangkan…! Sampai termehek-mehek saat nonton.

Yang nonton orang se RT. Rumahku ramai banget, kayak pasar. Video favorit lain pertandingan si jago tinju Mike Tyson. Bapak yang penggemar tinju bisa nonton berulang kali. Aku yang masih plola plolo nggak begitu ngeh itu olahraga apaan, walau tiap kutanya bapak pasti menjelaskan secara detil apa itu KO hehehe.

Huwa... jadi kemana-mana, kan? ^Sambil mikir film apa yang favorit…

Sebetulnya ini nggak favorit-favorit amat. Seneng karena pemain yang kecenya beda kayak aktor lain. Siapa lagi kalau bukan si Jaden Smith! Wow, posturnya, penampakan dan cool-nya membuatku jatuh cinta saat dia main di The Karate Kid.

Yes, The Karate Kid ini memang nggak kulihat di bioskop. Kayaknya jaman Steven Seagel dan AADC 1 deh aku nonton di Empire 21 Yogyakarta.

The Karate Kid ini kulihat di TV. Sepertinya sudah lebih dari 8 kali tayang ulang. Tetap saja aku suka. Meskipun si Jaden sendiri sekarang sudah dewasa dan makin cakep ^eaaa.

Pembullyan anak benar-benar kentara di film ini saat si Jaden yang memerankan Dre Parker pindah bersama ibunya dari Detroit ke Beijing. Dre sangat dekat dengan gadis cantik Mei Ying yang berbakat bermain biola. Tentu saja ini menimbbulkan keirian teman-temannya terutama si Cheng, murid lain yang jago kungfu.

Suatu hari karena jengkel diejek Dre berkelahi dengan Cheng cs yang jago kungfu. Di situlah ia bertemu Mr. Han (Jackie Chan), seorang lelaki yang bekerja merawat apartemen dimana Dre tinggal. Mr. Han menolong Dre dari Cheng serta gengnya.

Dre mulai dekat dengan Mr. Han. Itikad baik Mr. Han dan Dre ke Cheng dengan menemui guru kungfunya, Master Li ditolak metah-mentah.

Inilah yang membuat Dre yang biasa saja mendadak punya semangat baja untuk berlatih kungfu karena tekanan dan ejekan yang datang dari Cheng cs.

Latihan yang bikin aku ngakak saat Dre disuruh menjatuhkan jaket, mengambil, menggantungkannya kembali dan menjatuhkan lagi berulang sampai ratusan kali.

Hem.. ternyata filosofinya dalem banget. Bertahan, bersabar dan menjaga konsistensi semangat. Pantang menyerah untuk hal yang tak mengenakkan.

Sebuah teknik pertahanan dalam kungfu ^nggak tahu deh kalau bertahan dalam soal cinta, hehehe..

Latihan berat yang dilakukan Dre dengan dilatih Mr. Han membuahkan hasil. Di perlombaan tahunan kung fu walau sudah cidera berat akhirnya Dre bisa mengalahkan lawannya, Cheng. Tentu saja membuat ibunya, Mei Ying dan Mr. Han sangat bangga. Cheng, Master Li pun mengakui kehebatan Dre.

Ya… begitulah yang masih kuingat tentang The Karate Kid. Pantes sekali si Jaden ini disandingkan dengan WenWen Han pemeran Mei Ying yang imut dan cantik. Juga Jackie Chan yang memang aktor kawakan dalam hal kung fu.

Di film ini ada beberapa yang bisa dipetik:
1.     Keinginan kuat dan focus bisa mengalahkan segalanya.
2.    Terpuruk bukan berarti akhir dari segalanya. Tapi itulah momentum yang akan membuat kita makin menjadi kuat.
3.    Dendam tak akan pernah membuat bahagia
4.    Sederhana dalam pengambilan sebuah keputusan.
5.    Dendam akan menghancurkan semua kekuatan.
6.    Proses tak akan mengkhianati hasil.
7.    Pantang menyerah.

Nah, film favorit apa yang membuatmu klepek-klepek dan nggak bosan nonton? Bagi cerita, dong, Sob…

Baca juga:

9 komentar:

  1. Sekarang Jaden nya udah gedee gak imut-imut lagi. Aku paling suka waktu dia main sama ayahnya di Pursuit of Happyness hehe

    BalasHapus
  2. The karate kid bagus ya ada jackie chan juga, itu pesan moralnya juga tinggi filmnya, udah gede sekarang ya anak yang main film ini ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  3. yang paling kuingat pas gelut terakhir, walaupun dicurangi hingga kakinya patah, si dre masih mau lanjutin gelut. bukan untuk jadi juara tapi ingin membuktikan kalau dia sekarang sudah berubah. keren banget deh.

    BalasHapus
  4. Wah,,,aku nggak nyangkan Mbak Wahyu penyuka film bergenre seperti ini, aku pikir lebih melow...:D
    kalau aku, nih penggemar berat India,,kuch kuch hota hai,,,wkkkkkk...itu film meskipun nonton udah puluhan kali,,,kalau tiap nonton, pasti nangis,,,eh apa dasar aku nya aja ya yang melow :D

    BalasHapus
  5. Aku bayangin rumahe mba wahyu rame bgt pas nobar pasti seru ya. Kalo jaman skrg semua nonton sndr2 di tv, leptop, hp. Lebih guyub jaman dulu

    BalasHapus
  6. kayaknya kita beda dikit ya, soal genre film hehe

    damai dong

    BalasHapus
  7. The karate kid sampe sekarang aja masi sering diputer ya, pdhl jadenny udh gede..

    BalasHapus
  8. Kenal Steven Seagal yak hahah... Kayaknya kita seangkatan yak remajanya

    BalasHapus
  9. sukaaaaa sama actionnya si jaden

    BalasHapus