Jumat, 04 Agustus 2017

Resep Cara Membuat Cap Cay Mudah dan Enak



Resep Cara Membuat Cap Cay Mudah dan Enak

Dear, Sob.

Menjelang Sabtu dan Ahad, memasak menjadi satu pilihan tepat biar hidup jadi lebih berwarna. Nggak asik kan kalau kesibukan kita dari hari Senin sampai hari ini dipenuhi dengan rutinitas yang itu-itu saja?

Kali ini, aku coba masak cap cay sederhana, mudah dan enak. Resep rumahan dari desa. Tapi dijamin tetap enak kayak beli di restoran mewah ^hallah…




Tentu saja, kita harus persiapkan dulu bahan-bahannya. Nggak sulit kok. Tinggal buka kulkas, apa saja yang masih tersimpan di sana? Hihihi.

Bahan:
1.     1 ikat sawi, cuci bersih dan potong-potong sekitar 3 cm.
2.    2 buah wortel, iris sesuai selera.
3.    10 bakso, iris tipis.
4.    3 lembar daun seledri, iris kecil-kecil.
5.    3 daun onclang/daun bawang, iris kecil-kecil.
6.    1 buah paha ayam matang, suwir-suwir.
7.    1 buah tomat, iris tipis.
8.    1 buah bawang bombay ukuran besar, iris tipis.
9.    3 sendok saus tiram.
10. 2 sendok minyak wijen.
11.  3 buah bawang putih, geprek.
12. 2 gelas kaldu ayam.
13. Minyak goreng secukupnya buat menumis.
14. Gula pasir 1 sendok teh.
15. Air secukupnya.

Cara membuat kaldu ayamnya, bisa lihat di:


Bumbu yang diulek hingga halus:
1.     5 siuang bawang putih.
2.    Merica satu sendok teh atau kurang dari itu.
3.    Garam secukupnya.

Cara membuatnya:
1.     Panaskan kompor, tuang minyak goreng dan minyak wijen.
2.    Masukkan bawang bombai dan bawang putih yang sudah digeprek, tumis hingga harum.
3.    Masukkan bumbu yang sudah diulek, tumis hingga harum. Tambahkan  sedikit air hingga bumbu matang.
4.    Masukkan air kaldu ayam, tambahkan air lagi secukupnya sesuai selera.
5.    Masukkan wortel, sawi, seledri, onclang, paha ayam, tomat.
6.    Masukkan saus tiram.
7.    Masukkan  gula pasir.
8.    Perhatikan kuahnya, kalau masih kurang, bisa ditambah lagi.
9.    Cek rasa.
10. Andai wortel sudah empuk, otomatis bahan lain sudah empuk, matikan kompor.
11.  Cap cay siap disantap. Resep ini untuk 8 orang, ya.

Sedap dan sueger kan? Saat makan kalau suka pedas, bisa ditambah gecek kan cabai rawit. Ini bikin trasa cap cay makin jozz.

Oh ya, bahan diatas bisa diotak atik lagi sesuai selera dan sesuai bahan yang tersedia di kulkas. Nggak ada ayamnya, nggak masalah. Adanya udang, ya monggo. Nggak ada wortel atau tomat, nggak usah dikasih juga no problem kok.

Btw untuk bumbunya, kalau bisa lengkap, biar rasanya lumer di mulut.

Pokoknya tetap saja masak dengan bahan yang sudah ada, hehehe. Nagak asik juga gara-gara nggak ada bahan terus nggak jadi masak.

Ada resep lain versi Sobat? Yuk yuk, bagi resepnya, ditunggu loh..

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

18 komentar:

  1. Wah boleh save dulu resepnya, saya kebetulan blom piawai masak capcay

    BalasHapus
  2. Wah aisyah suka sekali capcay kak, umi sering buat di rumah.. ^^

    BalasHapus
  3. Waah, bisa dicoba niichh.. :-)

    Mksudnya bukan coba resepnya, tapi coba masakannya mbak wahyu. Hihihi

    BalasHapus
  4. Kalau saya bagian akhir suka pakai sedikit tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air matang biar kuah cap caynya agak kental dan bumbu menempel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak, enak juga. Tapi kudu dimakan pas panas ya

      Hapus
  5. Cap jay nya berkuah mbak? Selama ini makan cap jay yang tanpa kuah :D

    BalasHapus
  6. Mau nyicip aja lah mbak.. Gak mau masaknya.. Hehe

    BalasHapus
  7. I love capcay mba bikin anget di udara dingin gini hehe

    BalasHapus
  8. Paling suka sayur campur-campur say, salah satunya capcay ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, aku juga suka banget ma sayur

      Hapus
  9. Kalau aku mbak, aku kasih larutan tepung kanji dikit agar kuahnya mengental mbak...tapi kuah juga enak :)

    BalasHapus