Jumat, 18 Agustus 2017

Menu Sarapan Sederhana, Gendar Pecel Istimewa



Menu Sarapan Sederhana, Gendar Pecel Istimewa

Dear Sob.

Masih terasa hingar bingar kemeriahan hari kemerdekaan kita. Kemeriahannya tak boleh bikin kita lupa. Bahwa meriah tak harus mewah, sepakat?

Gendar pecel dicampur krupuk, yummy...

Termasuk dalam memilih menu. Bosan dengan masakan ikan laut atau per-roti-an, kembali yuk ke menu sederhana ala nenek kakek kita. Salah satu yang masih sering kubikin sendiri adalah gendar pecel istimewa.


Gendar sendiri terbuat dari nasi yang dikaron seperti saat kita mengaron nasi. Cara mengaron nasi ini cara tradisional ya, Sob. Seperti jaman nenek kakek kita sebelum ditemukan magic com, hihihi. 

Baca juga:
 

Gendar bisa juga dibuat dari sisa nasi. Tak jarang kan, nasi tidak habis dalam sehari. Dimakan sudah nggak sip, dibuang juga sayang.

Menu putus asa dari sisa nasi ini ya dibikin nasi goreng. Hem, bosan juga :D

Nah, mau tahu cara membuat gendar dari nasi sisa ini?
1.    Siapkan sisa nasi yang kita punya, semangkuk penuh atau sepiring penuh.
2.    Ambil uyah/garam gendar/bleng sejumput saja. Cairkan dengan sesendok makan air.
3.    Campurkan ke dalam sisa nasi, campur hingga merata.
4.    Kukus kurang lebih 15 menit.
5.    Angkat dan taruh dalam wadah yang dilapisi plastik (supaya tidak lengket).
6.    Siapkan botol bekas yang sudah bersih, bungkus dengan plastik, supaya tidak lengket juga.
7.    Gunakan botol tersebut untuk menumbuk nasi dalam wadah. Tumbuk hingga halus.
8.    Padatkan, wadah berfungsi juga sebagai cetakan. Ambiil plastiknya, taruh dalam wadah sesuka Sobat.
9.    Gendar sudah jadi, iris sesuai selera, siap dimakan.

Oh ya waktu terbaik menumbuk nasi tersebut saat habis kita kukus, ya, Sob. Masih panas sekali. Agar mudah menumbuknya dan tidak terlalu keras. Kalau sudah dingin, jadi kering. Nasi akan mengeras kita susah menghaluskannya.

Kalau sudah diiris sesuai selera, siapkan sayuran yang sudah direbus. Bisa bayam, sawi atau tauge. Yang ada deh di kulkas, hehehe.

Taruh irisan gendar di piring, ambil sayuran secukupnya. Lumerkan sambal kacang di atasnya. Tambahkan krupuk bisar makin menggoyang lidah.

Gendar pecel istimewa siap disantap.

Selamat mencoba menu sederhana ini, ya.

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia

6 komentar:

  1. Gendar/bleng itu apa mbak? Saya belum pernah dengar. hehe

    btw, salam kenal ya.

    www.theamazingjasmi.com

    BalasHapus
  2. aku sukak banget gendar pecel mbak

    BalasHapus
  3. Makanan favorit ini, meski sederhana namun manja dilidah. Hahaha

    BalasHapus
  4. Emmm.. Mantep banget tuh mbak..

    BalasHapus
  5. Mb bumbu pecelnya kliatan maknyus tenan, kenthel en baysnginnya legit #sesuae selera eyke

    BalasHapus
  6. Klo ditempatku..gendar dibikin kerupuk mba.. Klo yang dipke maem..ganti nasi..ketupat. Biasanya pasangannnya lotek. Mirip pecel juga.. Cm setauku klo lotek, ulek bumbunya dadakan

    BalasHapus